Rabu, 31 Agustus 2016

Emoticon

SEJARAH PERKEMBANGAN EMOTICON

emoticon, emoticon lucu, daftar emoticon,internet 
           Berkembangnya teknologi komunikasi tidak hanya dilakukan secara lisan, namun juga melalui tulisan! Terkadang kita juga bisa salah paham akan pesan singkat yang kita terima dari seseorang.. 
Seringkali kita membacanya dengan nada baca yang berbeda dengan si pengirim pesan. Karena itulah komunikasi tekstual atau tulisan cenderung kaku, Sahabat Orbit! Kita tidak dapat melihat atau mendengar ekspresi si lawan bicara. Emoticon pun muncul dan memiliki sejarah panjang, Sahabat Orbit..
Sebuah media, New York Times, menemukan transkrip pidato Lincoln yang terdapat emoticon yang senyum sambil mengedipkan mata. Namun hingga kini tidak diketahui apakah itu suatu kesalahan pengetikan atau bukan.
Dalam media Guardian menyebutkan walau tidak tercatat sebagai penemu emoticon, namun penggunaannya digunakan pertama kali oleh Kevin MacKenzie. Hal itu terdokumentasi lewat surat elektronik yang ditulis 12 April 1979, MacKenzie menulis emoticon yang menggambarkan wajah yang menjulurkan lidah ke samping pipi.
Ada pula, seorang seniman bernama Harvey Ball menciptakan ikon senyum di lingkaran berwarna kuning. Melihat karyanya, sebuah perusahaan asuransi membeli ikon itu darinya seharga US$45 dan menggunakan ikon tersebut sebagai simbol untuk ‘tombol mencoba’.



Kemudian, ide ini diadaptasi oleh Bernard dan Murray Spain, yang menggunakan The Smiley dengan tulisan “have a happy day”. The Smiley buatan Spain bersaudara ini kemudian menjadi sebuah produk terkenal yang digunakan untuk stiker, mug, hingga kaos. The Smiley juga pernah muncul dalam film “Forest Gump”.


 


Namun, emoticon mulai populer berkat Scott Fahlman mengetik emoticon pertamanya, yaitu :-) dan :-( dalam sebuah post di “papan pesan” di tempatnya bernaung, Carnegie Mellon University pada 19 September 1982.




Scott merupakan peneliti di IBM yang mengabadikan hidupnya untuk artificial intelligence atau kecerdasan buatan, dan berpikir bagaimana cara agar komputer bisa berpikir seperti manusia.
Scott menjelaskan bahwa emoticon itu bermanfaat agar sebuah canda melalui teks bisa dipahami sebagai sebuah candaan. Meskipun karyanya ini kemudian dimodifikasi oleh sejumlah perusahaan teknologi seperti Yahoo dan Microsoft, namun Scott tidak menerima uang sepeser pun lho..
Menurut Scott dari USA Today, “kalau orang mengeluarkan uang, tak akan ada yang menggunakannya”. Wah..benar juga yah! Hihihi..
Berbagai rupa emoticon makin banyak digunakan, Sahabat Orbit! Perkembangan emoticon pun tentunya karena perkembangan instant messaging, terutama Yahoo! Messenger. Y!M memang dikenal yang melakukan sejumlah modifikasi emoticon menjadi gambar yang lucu dan bergerak.  


Sumber : http://www.orbitdigital.net/article/sejarah-panjang-emoticon, tanggal 1 September 2016, pukul 9.03


Tidak ada komentar:

Posting Komentar